SELAYANG PANDANG

TENTANG UNIVERSITAS IQRA BURU

Sabtu, 16 Juli 2011

GENGGAM MASA DEPAN GEMILANG BERSAMA

FAKULTAS SASTRA

A.PROFIL
Fakultas Sastra Universitas Iqra Buru lahir karena tuntutan kebutuhan daerah, dimana Kabupaten Buru yang baru dimekarkan pada waktu itu sangat membutuhkan sumber daya manusia untuk membangun daerah. Karena hanya dengan sumberdaya manusialah yang dapat memecahkan berbagai permasalahan di daerah ini, terutama untuk mengelola sumber daya alam.
Fakultas sastra UNIQBU dapat melahirkan out put lulusan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan daerah, oleh karena dua jurusan di Fakultas Sastra sangat relevan dengan tuntutan kebutuhan tenaga yang diperlukan, disamping itu Fakultas Sastra Fakultas Sastra menghasilkan out put untuk meningkatkan promosi potensi daerah di bidang pariwisata, di mana Kabupaten Buru memiliki potensi wisata alam dan pantai yang sangat indah yang tidak kalah dengan daerah-daerah lain di Indonesia.
Oleh karena itu maka lulusan sastra yang dapat menjawab semua persoalan itu, khususnya dalam mempromosikan potensi alam tersebut keberbagai daerah di Indonesia bahkan sampai kemanca Negara.
Fakultas sastra menyelenggarakan pendidikan berdasarkan izin operasional yang dikeluarkan Depdiknas yang di wakili oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) atas nama Menteri Pendidikan Nasional dengan nomor izin operasional 154/D/0/2003.
Fakultas sastra sedang bekerja keras menciptakan lulusan akademik yang professional serta out put sebagaimana menjadi tuntutan sekarang.

B. VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN DAN STRATEGI.
VISI
Mewujudkan fakultas sastra, menjadi yang terdepan di kawasan Maluku pada khususnya dan Indonesia pada umumnya sebagai pusat pendidikan, pengkajian dan pengembangan pendidikan bahasa, sastra dan seni yang berwawasan pendidikan untuk dapat mengaktualisasi diri secara cerdas. Dan berakhlakul karimah dan terdapat nilai-nilai budaya bangsa.

MISI
-Membentuk insan akademik yang berilmu amaliah, beramal amaliah dan berakhlakul karimah yang,adaptif,trasformatif, dan inofatif dalam bidang bahasa dan sastra serta pengembangannya.
-Mengembagkan keterampilan berbahasa, sastra dan seni yang menghasilkan out put yang kompeten dan berkualitas, mampu berkompetisi dalam era globalisasi, informasi, dan komunikasi yang semakin canggih serta mampu menjawab tantangan zaman.
-Akan terus melakukan koreksi dan penyempurnaan terhadap perkembangan bahasa berdasarkan kaidah yang berlaku secara resmi, seiring dengan perkembangan di bidang iptek, informasi dan komunikasi serta seni dan budaya.
-Ikut serta memecahkan masalah, memberi kontribusi dan membantu masyarakat dalam penggunaan bahasa, sastra dan seni.

TUJUAN
-Membantu dan mendorong penyiapan tenaga yang berkompeten, professional di bidang kebahasaan.
-Menyelenggarakan pendidikan sepenuhnya yang mendukung pembangunan daerah dan nasional.
-Mengembangkan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang memiliki kepentingan civitas akademika dengan tetap memperhatikan kebutuhan masyarakat.

SASARAN
Mempersiapkan lulusan yang mempunyai kemampuan akademis, mampu mengaktualisasikan ilmu yang dimiliki, siap mengabdikan diri secara professional dan mengembangkan bahasa, sastra, dan seni sesuai dengan perkembangan IPTEK.

STRATEGI
Membangun koordinasi dengan pihak terkait.

C.KURIKULUM DAN MASA STUDI
KURIKULUM
Fakultas sastra UNIQBU menyelenggarakan kurikulum berbasis kopetensi (KBK) sebagai mana yang diamanatkan dalam undang-undang yang berlaku di Perguruan Tinggi sekarang.
Muatan kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja dan kondisi real di daerah, misalnya untuk Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, terdiri dari mata kuliah Bahasa dan Sastra Indonesia yang sesuai dengan kondisi objektif daerah dan kebutuhan pasar. Demikian juga jurusan Bahasa dan Sastra Inggris disesuaikan dengan disiplin ilmu Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional yang relevan dengan kebutuhan daerah dan kebutuhan dunia kerja terutama untuk pengembangan pariwisata.

MASA STUDI
Mahasiswa yang kuliah di fakultas sastra dapat menyelesaikan studinya paling cepat 3 setengah tahun 8 bulan dan paling lambat 6-7 tahun.

D.PELUANG KERJA
1.Lulusan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dapat diterima sebagai tenaga pengajar dengan syarat melanjutkan ke pendidikan profesi, setelah selesai studi selama satu tahun.
-Dapat diterima di perpustakaan daerah sesuai komitmen yang di sampaikan oleh ketua perpustakaan daerah
-Dapat menjadi sastrawan yang kompetensi, jurnalis, dan penyiar diperlukan
-Dan dapat di butuhkan juga diinstansi lain yang terkait.

2.Lulusan jurusan bahasa dan sastra Inggris, dapat di terima di berbagai instansi sesuai dengan perkembangn dieraglobalisasi dan informasi sekarang ini.
-Dapat bekerja sebagai Guide di industry pariwisata, travel,dan perhotelan serta
-Di perusahaan asing atau diplomat, dapat menjadi tenaga guru dengan syarat melanjutkan ke pendidikan profesi selama 1 tahun.
-Dapat menjadi sastrawan yang kompetensi,penyair dan berkarya di bidangkesastraan
-Dapat dipersiapkan sebagai tenaga pada dinas pariwisata.

E.JURUSAN YANG DITERIMA
Jurusan yang di terima di Fakultas Sastra, adalah semua lulusan dari SMA/MA, SMK dan sederajat untuk semua jurusan,baik jurusan IPA, IPS, kejurusan dan terutama lulusan jurusan bahasa Indonesia.
Jurusan yang di terima di Fakultas Sastra, adalah semua lulusan dari SMA/MA, SMK dan sederajat untuk semua jurusan,baik jurusan IPA, IPS, kejurusan dan terutama lulusan jurusan bahasa Indonesia.

F.SYARAT PENDAFTARAN
1. Foto copy ijasah yang telah dilegalisir.
2. Foto ukuran 3x4 6 lembar.
3. Mengisi formulir pendaftaran.
4. Umur 19 tahun / tidak terbatas.
5. Dapat menerima mahasiswa lanjutan (D2 dan D3)

G. TENAGA PENGAJAR
Tenaga pengajar di Fakultas Sastra ada yang berkualifikasi S1 dan S2 dan telah memenuhi syarat sebagaimana yang telah ditentukan direktorat Jendral Perguruan Tinggi.
Adapun nama-nama dosen yang mengajar di fakultas adalah:

Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.
1.Asdar,S.Pd.,M.Pd.
2.Wahab,S.Pd.,M.Pd.
3.Asriwati,S.Si.,M.Pd.
4.M.S. Sofie,S.Pd.,M.Pd.
5.Sulaiman Rumbawa,S.Pd.
6.La Husni Buton,S.Pdi.,M.Pd.
7.Sri Juniati,S.Psi.
8.Misiani Tomu,S.Pd.
9.Anton Lahari,S.Pd.
10.Salmawati,S.Pd.
11.Puspa Latukau,S.Pd.
12.Saidna Zulfikar Bin Thahir,Lc

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris.
1.Ali Mahsudin,S.Pd.,M.pd.
2.Apdy Fatima,S.Pd.,M.Pd.
3.Muhammad Hasbi,SS.,M.Pd.
4.Hanafi,SS.,M.Pd.
5.Reza Bahta,S.Pd.
6.M. Nur Salasiwa,S.Pd.
7.Nur Abida Tuasamu,S.Pd.
8.Siti Umi Salamah,SS.
9.Syamsuddin Rukua,S.Pd.
10.Joni Listanto,SS.M.Si.
11.Rufaida Solissa,SS.
12.Ahriani,S.Pdi.

KTU dan Staf
1.Indah Marwa Sari,SH.
2.Titi Yustiati.
3.Nurhayati Buamonabot,A.Ma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar